Rabu, 20 Maret 2019

Budget Pernikahan Terbatas? Berikut Tips Untuk Menghematnya



Dalam mempersiapkan resepsi pernikahan, faktor pertama yang dianggap menjadi kemdala adalah keuangan. Kenyataanya resepsi pernikahan tidak selalu membutuhkan dana yang besar loh. Setiap orang pasti menginginkan pesta pernikahan sekali seumur hidup, maka dari itu Anda harus lebih matang dan berhati-hati dalam membuat perencanaa dengan budget yang terbatas.
Berikut adalah beberapa cara pintar menghemat biaya pernikahan yang perlu Anda ketahui:

1. Menggunakan Undagan Online
Di era sekarang ini, dunia digital adalah hal yang menarik, seperti yang diketahui rata-rata semua orang didunia telah menggunakan atau menjadikan dunia digital sebagai bagian dalam keseharian mereka. 

Hal ini tentunya sangat baik untuk Anda manfaatkan, dimana Anda bisa menggunakan media sosial untuk undangan pernikahan Anda, terutama untuk teman-teman Anda. Sementara undangan fisik perlu kamu cetak juga beberapa untuk relasi atau kerabat dekat yang harus dihormati. Dengan begitu biaya membuat undangan dapat diminimalisir.

2. Membatasi Jumlah Undangan
Acara pernikahan merupakan momen Anda merayakan dan berkumpul dengan keluarga dan kerabat dekat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengundang terlalu banyak orang. Jangan penuhi acara Anda dengan tamu undangan seperti kerabat kerja serta kerabat jauh, yang sebenarnya tidak memiliki kedekatan personal dengan Anda.

3. Manfaatkan Keahlian Teman dan Kerabat
Jika Anda memiliki teman atau kerabat yang memiliki keterampilan yang mendukung untuk pernikahan Anda, itu adalah kesempatan yang sangat bagus. Misalnya teman atau kerabat yang ahli fotografi atau make up artist, Minta tolonglah mereka untuk membantum, tidak ada salahnya menggunakan jasa teman untuk menghemat biaya. Selain bisa mendapatkan harga teman, kamu bisa lebih nyaman bekerjasama karena vendor pernikahanmu adalah orang-orang terdekatmu

4. Venue Terjangkau
Daripada Anda harus mengeluarkan budget besar untuk biaya sewa gedung. Untuk mengakalinya Anda bisa memilih menggunakan tenda sebagai venue pesta Anda,  hal yang paling penting adalah lokasi/tempat aman dan mudah di akses.

5. Dekorasi Pelaminan Minimalis
Pada umumnya dekorasi pelaminan masa kini lebih sederhana dibandingkan dekorasi pelaminan tradisional. Untuk menghemat biaya Anda bisa menggunakan vendor yang menyediakan jasa dekorasi pelaminan dangan harga yang terjangkau.

6. Menyewa Daripada Membeli
Beberapa keperluan pernikahan hanya digunakan untuk jangka pendek saja, misalnya gaun pengantin dan kursi tamu, meja, tenda dan lain-lain. Untuk Anda yang memiliki budget terbatas, disarankan untuk menyewa saja daripada membeli. 

Saat merencanakan pernikahan, pasangan kerap menghadapi stres akibat dituntut untuk membuat perencanaan matang dengan dana yang terbatas. Tapi sebenarnya Anda bisa menggelar pernikahan dengan hemat dan tetap berkesan, lho!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sewa Tenda Kerucut Sarnafil di Makassar

   Sewa Tenda Kerucut Sarnafil di Makassar – Tenda Sarnafil adalah jenis tenda berbentuk kerucut dengan struktur yang kuat dan kokoh. Tenda ...